Cara Input Data Koordinat Pada Total Station Leica TS11

Posted By: Admin plazagps Di: News & info On: Thursday, August 16, 2018 Views: 3109

Salah satu alat ukur yang digunakan untuk pembuatan Peta Topografi adalah Total Station. Pada dasarnya hasil atau output dari alat ini berupa sudut horizontal, sudut vertikal, jarak miring.Seiring perkembangan teknologi, sekarang hasil yang bisa didapat dari alat ini bisa berupa koordinat bahkan ada juga yang bisa di export langsung berupa file cad sehingga bisa langsung di buka disoftware seperti autocad dan sejenisnya.

Salah satu alat ukur yang digunakan untuk pembuatan Peta Topografi adalah Total Station. Pada dasarnya hasil atau output dari alat ini berupa sudut horizontal, sudut vertikal, jarak miring.Seiring perkembangan teknologi, alat ukur keluaran tahun tahun terakhir sudah canggih hingga data bisa berupa koordinat bahkan ada juga yang bisa di export langsung berupa file cad sehingga bisa langsung di buka disoftware seperti autocad dan sejenisnya.

Dalam pengukuran, sebelum pergi kelapangan untuk melakukan pengukuran, seorang surveyor biasanya sudah harus memiliki titik titik /patok patok yang memiliki nilai koordinat (easting,northing,elevasi). sehingga mempermudah dan mempercepat pengambilan data dilapangan. Dibawah ini adalah langkah langkah input koordinat secara manual menggunakan Total Station Leica TS11

1.Siapkan Koordinat koordinat BM/Station yang akan digunakan dalam pengukuran  

2. Tekan tombol power untuk menghidupkan Total Staion Leica TS11, lalu tekan next sampai halaman menu

3. Pilih Menu Job & Data maka akan tambil halaman spt gambar di bawah lalu pilih create control data

4. Masukkan nilai Koordinat dengan mengetiknya, setelah selesai tekan store untuk menyimpan

 

Share Arikel :